Rabu, 18 Mei 2011

Pengertian Virus

Virus adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya dan dapat menginfeksikan ke komputer lainnya dengan perantara floppy disk, CD, DVD, USB tanpa sepengetahuan pengguna dan sifatnya merusak. Penyebarannya dari komputer ke komputer yang lainnya. Internet dan jaringan juga menjadi perantara penyebaran virus.

Vurus dapat meningkatkan kesempatannya dalam menyebarkannya ke komputer lain dengan menginfeksikan file pada jaringan sistem file yang dikirimkan melalui komputer lain

Jenis kerusakannya bermacam-macam, mulai dari sekedar mengganggu seperti menampilkan gambar-gambar yang tidak sepantasnya, hingga sampai yang bersifat mendatangkan kerugian ekonomis seperti memformat harddisk atau bahkan merusak file-file sistem operasi sehingga mengganggu komputer yang bersangkutan.

Menurut jenisnya, virus komputer ada 3 yaitu virus, worm, dan trojan.


  1. Virus mempunyai sifat menggandakan diri ke semua komputer. Biasanya menggandakan dirinya ke semua   partisi atau drive komputer. Ketika flashdisk yang menngandung virus terpasang di komputer, maka secara otomatis akan menyebarkan atau menggandakan di komputer yang telah terinfeksi tersebut. Virus juga dapat ditemukan di jaringan, saat itu juga ketika terpasang virus di jaringan maka akan terinfeksi.Biasanya virus menginfeksi file-file di dalam komputer, seperti sistem, file document, dan file aplikasi.
  2. Worm sama halnya seperti virus, tetapi tidak terlalu berbahaya dan hanya menggandakan dirinya saja saat dijalankan. Hanya membuat koneksi jaringan semakin lambat, karena membanjiri bandwith jaringan.
  3. Trojan seperti dengan worm dengan menginfeksi file untuk menggandakan dirinya, tetapi trojan memiliki teknik yang unik. Dengan melakukan aksinya di belakang aplikasi yang melakukan proses. lalu trojan menyamar sebagai file sistem atau aplikasi yang dianggap penting untuk kinerja komputer. Seperti halnya virus, trojan dapat memproduksi kembali dirinya di jaringan dan membuat file-file data hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar